Seminar dan pelatihan teknis Pejuang Muda 2020 kembali diadakan di Kaza City Mall, Sabtu (7/3/2020). Pelatihan ini diikuti sekitar 200 orang dari anggota baru dan lama.

Kisworo Agung Pambudi, Mentor Digital Marketing Pahlawan Ekonomi dan Pejuang Muda, menjelaskan pada 2020 pihaknya mendorong pelaku usaha lebih aktif berjualan di dunia digital, khusus di media sosial (medsos).

“Kami tidak ingin panjenengan semua hanya punya akun media sosial namun tidak memanfaatkan secara maksimal. Kami tidak ingin ada yang posting setahun sekali, ada yang posting setahun dua kali, dan acara pembukaan pelatihan dan acara awarding saja,” katanya.

Kisworo mengatakan, jika ada para pelaku usaha yang masih kesulitan harus posting apa dalam akun medsos bisa mencoba formula 7+1+1. Artinya, 7 kali posting produk, 1 kali posting testimoni, dan 1 kali posting kegiatan produksi.

“Rumus ini sangat penting. Contohnya, untuk 7 kali posting produk, kita dapat memajang varian produk. Testimoni juga menjadi penting untuk meyakinkan calon pembeli. Yang terakhir kegiatan produksi untuk menjelaskan proses pembuatannya,” papar dia.

Kisworo menambahkan, berjualan di medsos membutuhkan kesabaran, keuletan, dan ketelatenan. Tidak cuma posting konten, tapi tapi harus cepat merespons bila ada tanggapan atau comment.

“Tujuan kita memperkenalkan produk, memperkenalkan brand kita. Dan yang terpenting ada closing atau transaksi. Untuk itu, cepat merespons adalah salah satu kunci kesusksesan kita berjualan di media sosial,” pungkas Kisworo. (wh)